Jumat, 04 Januari 2013

NABI SULAIMAN AS, RAJA TERKAYA



NABI SULAIMAN AS, RAJA TERKAYA

            Nabi Sulaiman as adalah putra Nabi Dawud as bin Isya dan keturunan Yahudza bin Ya’qub bin Ibrahim. Jadi, Nabi Sulaiman as merupakan keturunan Nabi Ibrahim as yang ke-13. Setelah ayahnya wafat, beliau mewarisi kerajaanya dalam kalangan bani Israil, meski umur Nabi Sulaiman as baru memasuki 13 tahun.
A.    Keistimewaan Nabi Sulaiman as
a.       Dapat pergi kemana-mana dengan mengendarai angin
b.      Dapat memerintah jin
c.       Mengetahui bahasa-bahasa  selain bahasa manusia, seperti bahasa binatang.
(QS. An-Naml : 18-19)
d.      Merupakan Raja terkaya.
Memiliki kekayaan yang melimpah, terdiri dari logam dan permata yang mahal. Istananya bertaburan intan permata yang berkilauan.
e.       Terkenal akan adil,bijaksana, dan cerdas akan ilmunya.

B.     Mengadakan Rapat Bala Tentara dan Berbagai Jenis Makhluk
Pernah saat Nabi Sulaiman as mengadakan rapat bala tentaranya yaitu manusia,jin, dan binatang. Saat itu semuanya hadir, kecuali burung Hudhud. Nabi Sulaiman as berkata,”kemana si Hudhud, aku tidak melihatnya? Nanti aku sembelih dia jika ketidakhadirannya tanpa alasan.” Tak berapa lama, burung Hudhud pun datang, “Ya, Tuan! Maafkanlah kiranya saya datang terlambat, karena saya baru datang dari negeri Saba. Dan saya khabarkan kepada Tuan bahwa negeri itu diperintah oleh seorang raja  puteri bernama “Bulqis.” Ia sangat baik kepada rakyatnya, tetapi sayang sang raja beliau serta rakyatnya tidak menyembah Allah SWT.”
C.     Membuat Surat Untuk Ratu Bulqis
Setelah mendengar khabar yang dibawa burung Hudhud, Nabi Sulaiman as tidak jadi marah, sebaliknya beliau tertarik dengan khabar tersebut. Kemudian beliau membuat sepucuk surat kepada Raja Putri yang berisi seruan untuk menyembah Allah SWT. Dan menyatakan bahwa Allah yang telah menganugerahkan kerajaan yang besar itu. Karena itu Allah wajib disembah dan jangan menyembah selain-Nya.
Surat Nabi Sulaiman as diantarkan oleh burung Hudhud dan pergi ke Negeri Saba. Dan surat tersebut diterima oleh Ratu Bulqis, yang kemudian dibicarakan dalam rapat. Saat rapat ada yang menyetujui menyerah kepada Nabi Sulaiman as dan ada pula yang tak mau menyerah sehingga mendesak agar melawan Nabi Sulaiman.
Ratu Bulqis berkata, “Perang bisa saja! Namun selagi ada jalan damai mengapa kita harus berperang. Sedangkan Nabi Sulaiman itu tidak mengajak berperang.” Dan pendapat Ratu Bulqis tersebut diterima.
D.    Utusan Ratu Bulqis Menghadap Nabi Sulaiman as
Setelah itu, Nabi Sulaiman as segera memerintahkan segala jin untuk membuat dan mempersiapkan Istana yang indah. Halamannya dipenuhi segala permata yang berkilauan dari berbagai warna.
Ketika utusan Ratu Bulqis datang, alangkah herannya mereka. Tidak diduga sedikitpun semula Nabi Sulaiman as sekaya itu. Utusan tersebut menyerahkan hadiah dari Ratu Bulqis. Nabi Sulaiman as berkata, “Maaf tuan-tuan, aku tidak memerlukan hadiah. Karunia dari Tuhan telah cukup bagiku. Kembalilah tuan-tuan, bawalah hadiah ini. Katakan kepada Ratu Bulqis, bahwa aku memerlukan Ratu Bulqis dan rakyatnya menghentikan menyembah mataahari. Sembahlah Allah Yang Maha Esa. Kalau perintahku tidak dilaksanakan aku akan datang menghancurkan Ratu Bulqis dan kerajaannya. Kemudian utusan tersebut kembali ke Saba, dan menceritakan segala sesuatu yang dialami mereka disana. Setelah mendengar pesan Nabi Sulaiman as, Ratu Bulqis memutuskan untuk datang menghadap Nabi Sulaiman as.

E.     Ratu Bulqis Menemui Nabi Sulaiman as

Setelah mengetahui Ratu Bulqis akan datang, Nabi Sulaiman as segera memerintahakan jin dan manusia untuk menghiasi negerinya dengan semeriah-meriahnya dan membuat bermacam-macam bangunan yang indah permai tak ada tandingannya. Kemudian Nabi Sulaiman as memerintahkan balatentaranya untuk memindahkan istana Ratu Bulqis ke kerajaanya dengan tidak diubah sedikitpun. Hal tersebut dimaksukan untuk menguji Ratu Bulqis apakah cerdik atau tidak.
Allah SWT berfirman: (QS. An-Naml : 38-40)
Ketika Ratu Bulqis sampai, Nabi Sulaiman as berkata, “Samakah seperti kusrsi kerajaanmu?” “Memang bentuknya sama dengan Singgasanaku,” jawab Ratu Bulqis.
“Betul ini singgasanamu aku bawa kemari dengan mudah, karena Allah Swt. Telah memberikan pengetahuan kepada kami dan kami tunduk kepada-Nya,” terang Nabi Sulaiman as.
Lalu Ratu Bulqis dipersilakan  masuk keistana lain yang terbuat dari kaca yang putih bersih dan dibawahnya ada air mengalir. Ketika lewa Ratu Bulqis disingsingkan kainnya dari betisnya, Ia takut kalau basah. Maka Nabi Sulaiman as berkata, “Ini bukan air, tetapi mahligal ini terbuat dari kaca yang berkilau-kilauan.” Ratu Bulqis berkata,” Oh, Tuhan telah aniaya aku akan diriku, dan sekarang berimanlah aku kepada Tuhan, dan kepada Nabi Sulaiman as.”

F.      Nabi Sulaiman as Wafat
Allah berfirman : (QS. Saba’ :14)
Nabi Sulaiman as meninggal ditempat yang tidak diketahui orang, lalu diketemukan jenazahnya setelah beberapa hari, namun jenazahnya tetap tidak membusuk.
Menurut riwayat, Nabi Sulaiman as meninggal sedang mengawasi jin-jin yang selalu bekerja keras. Dan menurut riwayat lain Beliau sedang mengawasi mereka membangun Masjid Aqsha (Baitul Maqdis). Dan setelah selesai beliau terjatuh dari kursinya.

G.    Ibrah (Pelajaran) yang dapat diambil dari kisah Nabi Sulaiman as

a.       Meski diberi kekuasaan yang luas oleh Allah Swt. Nabi Sulaiman as tidak sombong dan tidak angkuh.
b.      Nabi Sulaiman as tidak lupa diri dan tidak pula membangga-banggakan hartanya yang berlimpah.
c.       Nabi Sulaiman as selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah Swt.
d.      Menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana dalam menyelesakan berbagai perkara.
e.       Selalu menyayangi dan menghaargai makhluk (manusia, jin, ataupun binatang).



4 komentar:

  1. maha suci allah dengan segala firmanya

    BalasHapus
  2. subhanallah muli ny hati nabi sulaiman
    andaian saya bsa seperti beliau yang berhati arif dan bijaksana

    BalasHapus
  3. cepat kaya

    ,,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
    saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
    istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JOKO hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JOKO di No :)-0'8'2-3'3'5'-9'4'7'-8'8'8-:).
    Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,
    Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
    akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih KI JOKO saya tidak akan melupakan jasa AKI.
    JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
    SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JOKO DI :)-0'8'2-3'3'5'-9'4'7'-8'8'8-:)


    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))


    Pesugihan Instant 5 MILYAR
    Mulai bulan ini (oktober 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal,
    serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
    Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 5 MILYAR

    Kirim ke nomor ini KI JOKO : -0'8'2'3'3'5'9'4'7'8'8'8-
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk beberapa Orang saja..

    BalasHapus
  4. Assalammualaikum.wr.wb
    Ya Tuhan ku jadikanlah hambahmu ini mendapatkan
    Dan menguasai ilmu dan kecerdasan sehingg dapat
    Berguna terhadap sesama hambahmu Tuhanku walaupun tak sesempurna yang engkau berikan kepada nabi Sulaiman as.

    BalasHapus